2 Tips Ayam Aduan 2021: Cara Atas Ayam Mabung dan Cara Memilih Babon Birma Yang Bagus

2 Tips Ayam Aduan 2021: Cara Atas Ayam Mabung dan Cara Memilih Babon Birma Yang Bagus - Saat anda merawat ayam petarung di mana pasti ada aja masalah yang akan di hadapi. Jadi untuk hadapi masalah tersebut tentunya kita harus lebih jeli lagi bagaimana cara agar masalah tersebut cepat dapat teratasi di mana jika tak maka masalah tersebut akan berkembang menjadi masalah baru.
2 Tips Ayam Aduan 2021: Cara Atas Ayam Mabung dan Cara Memilih Babon Birma Yang Bagus
Masalah yang sering kita hadapi yaitu ketika merawat ayam petarung yaitu masalah rontok bulu di mana setiap ayam petarung pasti pernah mengalami yang namanya rontok bulu.

Rontok bulu ini bukanlah sesuatu penyakit tetapi merupakan sesuatu yang alami ayam biasanya.

Sebagian orang membuat istilah dari rontok bulu dengan sebutan mabung di mana ketika ayam petarung kita sedang rontok bulu sebaiknya kita tidak perlu khawatir.

Jika ayam tak rontok bulu maka kita patut khawatir akan hal tersebut karena rontok bulu merupakan suatu hal yang pasti terjadi sebab karena ayam perlu mengganti bulu-bulunya yang lama.

Ayam akan mengalami yang namanya rontok rambut tiap tahunnya di mana dalam waktu yang tidak sebentar.

Rontok bulu ini dapat memakan waktu hingga 4-5 bulan untuk ayam yang normal di mana ketika ayam mengalami yang namanya mabung atau di sebut dengan rontok bulu sebaiknya ayam tersebut tak akan kita adukan dengan ayam lainnya. Mabung menjadi masa di mana ayam petarung harus beristirahat total dan tidak boleh melakukan segala sesuatu yang dapat membuatnya stres.

Karena hal tersebut di mana saat ayam petarung mengalami rontok bulu sebaiknya di perlakukan dengan istimewa. Berikan asupan vitamin, mineral dan protein.

Pada saat ayam tersebut mabung bukan berarti mengistirahatkan ayam secara total di mana istirahat memang harus di lakukan tetapi tak perlu secara total.

Latihan tetap saja perlu di lakukan akan tetapi di mana latihan yang di lakukan tidak boleh terlalu berat di mana latihan yang di lakukan merupakan latihan yang ringan saja.

Contohnya seperti latihan mengepakkan sayap serta latihan mengemaskan otot di mana latihan dapat di lakukan tiga kali sehari.

Porsi latihan yang di tambahkan lagi karena ayam masih lemah untuk melakukan yang namanya latihan yang berat dan ketika melatih ayam mabung di mana sebaiknya pegang ayam tersebut secara hati-hati.

Jikalau anda tidak berhati-hati maka ayam akan mengalami kesakitan di mana sebab bulu yang baru saja tumbuh tersebut juga di pegang akan terasa sakit.

Di mana pada saat anda mabung, pakan yang dapat di berikan pada ayam yaitu jenis pakan grower di mana pakan grower ini harus mengandung kurang lebih dari 3% untuk asupan mineral serta 15% mengandung kadar protein.

Apakah ayam yang mangalami mabung dapat di kawinkan ? di mana ayam mabung dapat di kawinkan akan tetapi mengawinkan ayam saat mabung harus memperhatikan beberapa hal seperti akan jumlah dan mutu pakan yang di berikan karena ayam yang sedang mengalami mabung sangat jarang yang ingin kawin.

Jumlah di mana pakan yang di berikan dapat lebih banyak lagi dari yang biasanya dan selain dari itu mutu pakan juga harus berkualitas yang harus di berikan.

Jangan memberikan pakan dengan kualitas rendah karena akan pengaruhi hasil anakan ayam yang nantinya.

CIRI-CIRI DARI AYAM BABON BIRMA YANG BAGUS
Di dalam memilih indukan ayam babon birma ini yang bagus itu di kenal dengan 2 kategori yang di mana merupakan babon top dan juga babon cetak.

Babon top merupakan babon pilihan dan juga mempunya silsilah perindukan yang cukup baik di mana struktur pada tulang yang bagus dan mempunyai bentuk tubuh yang ideal di mana seperti botol itu juga menunjukkan teknik bertarung yang bagus. Babon yang satu ini juga harus mempunyai sifat dominan di mana pada keturunan dan nantinya pada anak-anak yang di hasilkan akan dapat mewarisi keturunan dan kelebihan pada induknya dan bahkan pada saat di kawinkan dengan pejantan yang kurang bagus juga di mana anak yang di hasilkan dapat mewarisi sifat indukan dan juga lebih bagus dari pejantannya dan babon burma kebanyakan berasal dari jalur murni.

Untuk para penggemar breeding ayam birma untuk bisa mendalami cara memilih indukan yang bagus yaitu merupakan sebuah hal yang wajib. Seekor babon merupakan mesin penting dalam hal peternakan serta khusus bagi urusan breeding dan juga tidak jarang berperan penting dari pada pejantan dan dalam hal memilih babon birma yang bagus sangat mudah serta lebih susah dari pada pilih indukan pejantan yang bagus dan juga seekor pejantan dapat di pilih dengan melihat cara bertarungnya menghadapi berbagai jenis lawan akan tetapi seekor babon birma yang bagus tidak begitu.

Berikut adalah mengenai ringkasan lengkap babon birma yang bagus :
Babon birma cetak yaitu merupakan ayam babon yang mempunyai kecenderungan resesif dalam hal keturunan di mana anak yang di hasilkan cenderung akan serupa dengan pejantannya. Seekor babon birma cetak yang bagus dan mesti menghasilkan anak yang tidak baik saat pejantannya buruk. Sebaliknya mesti membuahkan anak keren pada saat pejantannya bagus dan apabila babon cetak di kawinkan dengan pejantan buruk dan anaknya keren sehingga dia gugur dalam kriteria babon cetak hingga harganya akan turun.

Babon birma bagus yaitu merupakan juga menurunkan fisik anak ayam tersebut., cetak teknik, atau cetak semuanya. Untuk dapat menguji cetak fisik yaitu dengan mengawinkan tak serupa bulu atau bentuk pada jengger yang berbeda. Seekor babon cetak berwarna hitam mesti membuahkan anak berwarna putih pada saat pejantannya putih dan bila di kawinkan dengan ayam katai sehingga anaknya juga mesti kecil-kecil untuk dapat menguji cetak teknik dan mesti di kawinkan dengan pejantan berteknik buruk atau dengan pejantan berteknik yang bagus.

Sementara itu untuk anda yang mungkin sudah mulai memelihara ayam aduan sementara belum mempunyai materi ternak yang mumpuni, percayakan kepada kompak purwokerto salah satu paguyuban ayam aduan di kota purwokerto yang menjual materi-materi ayam aduan berkualitas dan sudah terbukti dan terpercaya, silahkan kunjungi website resmi kompak purwokerto di www.kompak.net

^TOP^